Pengalaman Pertama Bikin Toko Online di Jejualan.Com

By Farichatuljannah - 11:57 AM

Pagi itu, senin 5 Februari 2013 saya melamun di dalam kamar, maklum jam 9  saya sudah selesai bekerja sebagai penyiar yang mulai beraktifitas dari jam 4 pagi. Lalu saya bukalah akun jejaring sosial paling popular saat ini melalui Handphone yang layarnya tak begitu lebar. Muncullah status sahabat saya yang mempunyai usaha handmade Rajut yang dibuat oleh tangannya sendiri, belum mempunyai pegawai, duh masih orisinil, kualitas no 1 dan cantik -antik lagi karyanya, bikin saya iri saja. Kulihat tangan ini..
“Kamu bisanya apa sih?? Masak gak bisa, (belum terbiasa #alasan), nulis juga gak bagus-bagus amat, keterampilan gak ada sama sekali, trus mau apa loe tangan?? Makan doang??”
Weleh saya kok jadi menghakimi tangan sendiri, ah tak boleh diteruskan tidak baik untuk kesehatan jiwa (#!loh). Melamun lagi, melamun lagi, muncullah ide untuk berdagang saja, jualan-jualan, seperti sebuah hadis tentang jualan "Sembilan dari sepuluh pintu rejeki ada dalam perdagangan". Tapiiiiiiii…. (#!duh banyak alasan sekali ya?) aku kan gak punya uang untuk sewa ruko, lagian mau jualan apa?! 

Tanya sendiri, bingung sendiri, jawab sendiri. Saya gak mau dikalahkan oleh banyaknya alasan yang di sodorkan oleh syaitonirrojim. Ahaaa! Bagaimana kalau saya jualan rajut milik Kapri (sahabat saya)  ambil barang dari dia dan saya jual lagi? Duh bingung lagi, masa’ iya saya jualan lewat facebook juga? saya harus cari ide lain. Yup saya pernah baca buku bagaimana cara membuat toko online. Oke saya putuskan untuk buat Toko online saja.

Berangkatlah saya ke sebuah toko buku untuk membaca bagaimana cara membuat toko online. Tapi, setelah saya baca-baca  kok sepertinya  sulit melakukannya. Pulanghlah saya ke kos lagi, berusaha mencari cara gambang saja membuat toko online. Browsing lagi pake Hp saya yang cute’ sambil leyeh-leyeh diatas kasur. 

“Bagimana membuat toko online dengan mudah”
Mbah google akhirnya menunjukkan jalan bagaimana cara membuat toko online yang mudah, cepat, dan murah. Bertemulah saya dengan Jejualan.com sebuah situs yang melayani pembuatan toko online. Sangat mudah, banyak pilihan desain menarik, GRATIS domain .com .net seumur hidup dan MURAH hanya 60rb/bln !!

JEJUALAN.COM Kesan pertama membuka situs ini sangat menarik dan  sangat membuat saya penasaran. Kebetulan ada masa ujicobanya, trial yaitu kita boleh mencoba membuat toko online dan berlaku untuk 15 hari. Siap ! saya akan coba. Begitu banyak pertanyaan sebelum saya mencobanya, supaya terjawab kebingungan saya, saya tanya-tanya saja sama Customer servisnya.





Untung ada custumer servis yang siap melayani  pertanyaan saya, ramah, baik dan dalam menjawab pertanyaan juga to the poin tidak membingungkan, langsung pada yang apa kita tanyakan. I Like it (ala Rianti Cartwright) saya tanya tentang jejualan.com berikut awal pertanyaan yang saya ajukan pada custemer servis yang dijawab dengan sangat ramah.





Hibet Indra: "Selamat siang ada yang bisa kami bantu?"
Aku           : "Mau tanya bedanya paket Gold 60 ribu dan Platinum 200 ribu apa?"
Hibet Indra: "Untuk jumlah upload, newsletter, serta white label"
Aku           : "Emang yang 60 sama yang 200 ribu uploadnya berapa?"
Hibet Indra: "Gold maximal 500 dan platinum unlimitid"


Setelah paham langsung saja saya klik DAFTAR SEKARANG, lalu mengisi data data seperti nama alamat email dan lain lain. Begitu saya masuk WOW!!! Jujur saja saya bagaikan masuk kesebuah negeri yang saya tidak tau tempat apakah itu (hehehe lebay.com) Kalau kata orang tua “nunak-nunuk” masih meraba-raba. Untung saja jejualan.com memudahkan saya dengan menuntun menggunakan step-step yang disediakan dan mengarah pada apa saja yang harus kita lakukan di awal pembuatan toko online.










KLIK STEP 1
Saya diminta memasukkan data data dagangan yang akan saya Jual. Nah ini dia parahnya saya, mau jualan tapi barang barang yang mau dijual tidak disiapkan terlebih dahulu (dasar modal dengkul hehehe). Pada step ini saya diminta untuk memasukkan informasi barang yang dijual. Saran saya sebelum membuat toko online menggunakan jejualan.com, siapkan telebih dahulu datanya.

Nama Tokonya apa? Kategorikan barang yang akan dijual. Contoh: TOKO BAJU Kategorinya: Celana panjang, Celana pendek, Hem Pria, Baju Wanita, Baju Anak anak dll sesuai kebutuhanmu. Harga satuan, harga grosir dan kalu ada diskon cantumkan diskonnya berapa ,foto barang dan deskripsi barangnya seperti apa.

Pada step ini saya jamin, kamu bakal asyyiiiikkkk banget mengupload, menata barang barang dagangan, sama seperti saya. Tapi berhubung waktu sudah memasuki waktu ashar saya harus sholat dulu, mandi dulu. Saya tutuplah jejualan.com sementara. Malam hari lanjuuutt….

Loh?! Betewe saya mau masuk akun jejualan.com dari mana yach? Dari pada bingung (dasarnya juga males) yuhuuu.. Tanya saja sama mbak customer servis aja.
Nah loe ternyata kan, masuk email dulu untuk membukanya, didalam email tersimpan url toko online saya, username dan paswordnya.


KLIK STEP 2  saya diajak untuk memilih tema. Cukup beragam tema yang disediakan simple ,mudah dan cukup jelas kira kira untuk calon pembeli pada toko online kita. Mengapa dibuat seperti itu? Yup betul sekali, karena itu bukan website pribadi yang bisa didesain sesuka hati, sebagai pedagang harus mempermudah akses para pembeli untuk mengetahui produk-produk yang diiual. Jatuhlah pilihan saya pada tema ini . kalau sudah beres yuk hengkang ke step berikutnya.


 KLIK STEP3
Sebelum memulai dunia penjualan, saya sebagai pembuka toko online diminta untuk mengisikan data yang diperlukan untuk proses pembayaran dari customer kepada kita, isikan data nama akun dan no rekening bank anda atau isikan akun paypal yang kita akan gunakan sebagai alat pembayaran.






KLIK STEP 4
Nah, langkah selanjutnya saya mau ngirim barangnya bagaimana nih?? jejualan.com sudah lengkap sekali meyediakan apapun kebutuhan penjualan kita. termasuk  harga pengiriman / ongkos kirim. Yuk lakukan setting di menu KONFIGURASI kemudian klik ONGKOS KIRIM. saya bisa memilih opsi manual untuk mengisi data harga biaya pengiriman sesuai kebutuhan atau pilih opsi otomatis bila memutuskan untuk menggunakan data ongkos kirim dari database jejualan.com. Asyiilk kan mudaaah sekali :-)

KLIK STEP 5
Yuk ini step terakhir yaitu kontak, kalau pengen ada yang membeli produk, kita harus dong cantumkan alamat toko  dan no telpon toko online, untuk memudahkan customer menguhubungi melalui menu KONTAK, melalui menu KONFIGURASI kemudian klik KONTAK.





Tarrraaaaaaaaaaaaaa...... Toko Online saya sudah jadi !!!!

rajutsouvenirkapri.jejualan.com

Pokoknya Wow banget deh, sesuatu bisa bikin toko online semudah ini, coba saja kalau bikin sendiri harus mendesain sendiri, mengurus sendiri, rempooooong boooo! . Bicara soal repot tak repot, katanya ngurusi website toko online susah ya??? kata siapaaaa?? di jejualan.com gak ada yang susah.

Kalau biasanya  jualan di facebook atau twitter,  saat saya telah menggunakan website toko online  jejualan.com saya sebagai pemilik toko online juga bisa kok share  ke facebook dan twitter update an barang yang dijual. Pada saat saya menambahkan produk ,pada pilihan paling bawah akan ada seperti gambar disamping, centang semua, maka otomatis barang baru akan dishare ke facebook ataupun twitter.

Tidak ada yang repot, malahan canggih sekali. Pada jejualan.com juga didukung fitur SMS Report yaitu SMS otomatis yang akan terkirim ke nomor ponsel saya (pemilik toko online) dan ponsel pelanggan toko online disetiap ada transaksi. Jadi dua-duanya, penjual dan pembeli saling tau.


Ada pertanyaan lagi yang muncul saat toko online sudah jadi, yaitu apa iya, orang bakal tau toko online yang saya buat? Don't worry be happy guys. Jejualan.com ahlinya dalam menangani toko online. Jejualan.com akan membuat toko online, ada pada halaman pertama  hasil pencarian google dengan Teknologi SEO jejualan.





Gak usah ngoyo untuk promosi, bayar mahal untuk iklan, sudah tidak jamannya, ayo kita cari cara yang paling praktis saja. Jejualan.com akan membantu Toko online saya lebih sukses dipromosikan dengan marketing tools, seperti kirim newsletter gratis, kampanye promo, kode kupon diskon, dan masih banyak lagi melalui fitu Marketing Tools.

Toko online yang sudah saya dirikan ini, tidak akan dengan begitu saja bangkrut. Oya?? kok bisa?? karena saya dan siapa saja yang membuat toko online di jejualan.com bebas Konsultasi Langsung dengan Pakar Ecommerce. Pakar Ecommerce akan menganalisa dan memberikan masukan untuk memastikan strategi penjualan di toko saya berhasil.

Bagimana?? Mudah bukan mulai membuka toko online hanya dengan ENAM PULUH RIBU RUPIAH perbulan GRATIS Domain lagi, coba kalo bikin sendiri, bayar domainnya saja tidak boleh 60 ribu, belum hosting dan tetek bengeknya. Waktu sangat berharga bukan?? Yuk mulai berbisnis dari sekarang bersama JEJUALAN.COM Hanya dalam 20 detik, langsung mulai penjualan online ke seluruh dunia.

Sungguh ini merupakan pengalaman pertama saya membuat toko online yang luar biasa bersama jejualan.com. Semangat! dan semoga bermanfaat :-)



Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes Blog Review Jejualan



Referensi Gambar dan Tulisan: Jejualan.com

  • Share:

You Might Also Like

40 comments

  1. pengalaman yg menarik sob ..
    goodluck to mba farichatul .. :)

    ReplyDelete
  2. Ahmad Yazid
    Oke terimakasih mas, goodluck jugaa :-)

    ReplyDelete
  3. Lebih simple ya mbak icha, daripada buat website, sewa hosting, pasang cms, jadi waktu cuma habis mengelola website daripada jualan. Mantap!

    ReplyDelete
  4. Ria Oktaviani
    Ho'o betul bikin toko online yang sangat mudah, berasa kaya mainan aja hehehe :-)

    ReplyDelete
  5. Kunjungan balik...

    Menarik nih ceritanya, Sukses berbisnis yah...

    akperku.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Kunjungan balik..
    mapir lagi yah...
    qu udah bikin 2 review nih..
    http://sporakomputer.blogspot.com/2013/01/jejualancom-penyedia-toko-online_29.html
    http://sporakomputer.blogspot.com/2013/01/jejualancom-penyedia-toko-online.html

    ReplyDelete
  7. Menarik sekali pengalamannya, bikin toko online mudah di jejualan aja

    ReplyDelete
  8. mantab jeng, kn lumayan yah... ada FREE TRIAL nya, jd klo calon customer kita senang, bakal lanjut, aklau gak senang ya gak lanjut.
    pokoknya JEJUALAN D' best dah... bikin mudah customernya

    ReplyDelete
  9. Nice Share Sist :) Semoga semakin Sukses Toko Onlinenya.

    ReplyDelete
  10. @Ikhsan
    Makasih yaa kunjungannya :-)
    @Prajurit ilahi
    Wow keren sekali dah nambah aja.. Wokee siap :-)
    @Mediashare
    Yuii mari gunakan jjejualan buat buka toko online
    @Muhammad Risdiyanto
    Makasih mas :-)
    @Jeng tini
    Ho'o je..kalo gak dicoba rugi hehhee
    @Berbagi informasi
    Terimakasih do'anya:-)

    ReplyDelete
  11. Menarik sekali. Makasih ya udah share pengalamannya :)

    ReplyDelete
  12. @BUAT TOKO ONLINE
    trimkasih :-) sama sama semoga bermanfaat :-)

    ReplyDelete
  13. .. wachhhhh,, bagus juga nich review km. aq numpank tampank juga ya?!? he..86x http://mahadhifa-twekzlibz.blogspot.com/2013/02/bisnis-toko-online-dan-affiliate.html ..

    ReplyDelete
  14. @♥VPie◥♀◤MahaDhifa
    Makasih yaaa,,,, oke :-)
    @Alt-Amiend
    Yuiiiii update sekali :-)

    ReplyDelete
  15. Woow keren tuh udah punya toko online!, dan udah aku survei lho ... btw itu yg paket Gold 60 ribu atau Platinum 200 ribu jeng? .....

    ReplyDelete
  16. @Dwi
    hehehee makasih...
    itu saya mencoba versi trialnya yang paket gold 60 ribu :-)

    ReplyDelete
  17. moga berhasil sobb

    kunjungan balik ya sob >> http://blog-kepo.blogspot.com/2013/02/fatin-x-factor-pumped-up-kicks.html

    ReplyDelete
  18. Nice Post, Kunjungi Balik
    http://riyanherma.blogspot.com/

    ReplyDelete
  19. jadi pengen juga nyobain trialnya,,

    salam kenal ya

    ReplyDelete
  20. impian saiia tuk punya toko online sirna :(
    padahal emang bisa lebih praktis dari pada jualan beneran :(

    ReplyDelete
  21. @Dzuliar wega
    Woke TErimakasih.. Sukses juga buatmu ya:-)

    @Riyan Hermawan
    Makasih kunjungannya :-)

    @bung sanjaya
    Silahkan cobain trialnya dan dapatkan pengalaman berharga membuat toko online :-) salam kenal juga:-)

    @Belajar Photoshop
    Ho'o betuull :-) semoga segera terwujud yaa.. :-)

    ReplyDelete
  22. sama dong sist,saya juga menggunakan jejualan untuk bisnis online saya

    kunjungi disini ya www.grosirjamkwori.com
    buat yg mau beli jam tangan dengan harga grosir:)

    ReplyDelete
  23. kelanjutannya bagaimana Mba? Jualannya berhasil nggak tuh?

    ReplyDelete
  24. memang top bagi newbie yang yang pengen online shop buka aja jejualan.com

    ReplyDelete
  25. untuk toko online yang lebih mudah lagi tanpa membuat website bisa gabung di www.shopious.com . Pusat toko online terlengkap dan teraman :D bisa punya website sendiri disana :D

    ReplyDelete
  26. PELUANG USAHA

    Bal-an Sisa Import
    Pasti Untung anti Buntung
    Mau wirausaha mandiri?
    Bingung cari peluang usaha yang minim resiko?
    Langsung aja pesan bal-an Import LRGOLD CLOTHING, bukan hanya bal ada juga paketan yang sudah siap dijual.

    °° Cocok untuk yang mau buka usaha atau untuk stok di rumah/toko/butik atau ingin membuka bazar/di pasar malam °°

    > Facebook : Toko Lrgoldclothing
    > Bbm 1 : 740CBD9A (FULL)
    > Bbm 2 : 75A397AD
    > Whats app: 0838-9989-3626
    > Sms: 0838-9989-3626//0877-7653-1819
    > Tlp: 0877-7653-1819

    ReplyDelete
  27. Wah asik juga ya fitur-fitur yang disediakan oleh jejualan
    Bisa ada SMS Report juga..
    Hehehe

    ReplyDelete
  28. Mau tanya,bagaimana sistem pembayaran (withdrawl) di jejualan.com ?apakah ada minimal withdrawlnya ? terima kasih
    wscherbalalami.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Dodi setiadi
      Mungkin tertarik dengan tukangpamer.com, di tukangpamer.com kamu cuma perlu bayar IDR 27,250/bulan sudah termasuk website & domain.com dan dijamin website kamu langsung aktif

      Tertarik?, hubungi 085710899789
      "Punya usaha tapi gak punya website?, ke TukangPamer.com aja"

      Delete
  29. Halo, wah keren ya, btw kita di www.tukangpamer.com juga ada jual website E-commerce lho,
    Lengkap sama keranjang belanjanya, katalog, artikel, dan lain lain
    Harganya mulai dari IDR 27.250/bulan
    Sudah termasuk domain.com & website
    Cek demo di demo.tukangpamer.com
    Minat?, hubungi 085710899789 aja
    "Punya usaha tapi gak punya website?, Ke TukangPamer.com aja"

    ReplyDelete
  30. Terimakasih banyak gan, sangat bermanfaat sekali tutorialnya...salam sukses buat admin.

    ReplyDelete
  31. Jangan lupa visit www.grosirmurahberkualitas.com ya bagi yang ingin cari produk fashion. Ada jam tangan. Tas. Baju dll. Harganya terjangkau

    ReplyDelete
  32. Jangan lupa visit www.grosirmurahberkualitas.com ya bagi yang ingin cari produk fashion. Ada jam tangan. Tas. Baju dll. Harganya terjangkau

    ReplyDelete
  33. Bagus fiturnya ya, coba cek juga tranyar.co.id itu fitur payment gatewaynya lengkap lho

    ReplyDelete

Silakan komentar